TASF Mitra Pengadaan Dan Peluncuran Satelit Palapa-D Indosat


Jayapura - PT Indosat Tbk menunjuk Thales Space France (TASF), sebagai mitra pengadaan dan peluncuran Satelit Palapa-D yang akan diluncurkan pada tahun 2009, dan memiliki masa operasi selama 15 tahun. Kepala Cabang Indosat Papua, Tri Harianto mengatakan, Satelit Palapa-D akan menggantikan Satelit Palapa C2, yang akan berakhir masa operasionalnya pada tahun 2011 di Slot 113 derajat BT. “Menurut informasi dari Thales Alenia Space Spacebus 4000B3 platform, Satelit Palapa-D, memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan Palapa C2 yaitu 24 standar C band, 11 extended C Band serta 5 Ku band transponder. Dengan jangkauan mencakup Indonesia, Negara-negara ASEAN, Asia, Timur Tengah dan Australia. Satelit Palapa D akan diluncurkan dengan beban 4,1 ton dan tenaga payload sebesar 6.4 kW,” katanya kepada Papua Pos, Selasa (3/7) di ruang kerjanya. Diterangkan pula bahwa, peluncuran Satelit Palapa D merupakan wujud komitmen Indosat dalam memberikan pelayanan terbaik dan berkesinambungan bagi pelanggan pengguna layanan satelit.

Dimana sebagian besar adalah broadcaster televise, penyedia jasa VSAT serta pelanggan korporat lainnya.

“Seperti halnya Satelit Palapa C2, Satelit Palapa D akan kami manfaatkan sebagai backbone untuk mendukung layanan Indosat lainnya seperti seluler, telepon tetap dan data tetap,” ungkapnya.Indosat menunjuk TASF, sebagai mitra dalam pengadaan dan peluncuran Satelit Palapa D, melalui proses tender dengan mengundang beberapa mitra potensial yang berpengalaman, dibidang pabrikasi dan peluncuran satelit dari dalam dan luar negeri.“Penunjukan TASF oleh Indosat didasarkan atas kemampuan mitra dalam memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan Indosat, serta kemampuan dalam menawarkan solusi komunikasi yang kompetitif dan komprensif,” terangnya. Indosat dan TASF secara bersama-sama telah menunjuk Long March 3B, sebagai wahana peluncuran Satelit Palapa D peluncuran diharapkan akan terlaksana pada sementer kedua tahun 2009.
“Nilai proyek pengadaan dan peluncuran Satelit Palapa D ini berkisar antara US$ 200 juta-US$300 juta. Indosat akan mendanai proyek Satelit D melalui sumber internal dan eksternal perusahaan, nilai proyek ini meliputi biaya pembuatan satelit, peluncuran,asuransi peluncuran, peningkatan kapasitas atau kemampuan station pengendalian satelit serta pelatihan staf Indosat,” urainya

sumber:www.papuapos.com

0 Komentar:

Posting Komentar