Menghilangkan situs spam pada pencarian google.

Pencarian pada google saat ini banyak digunakan oleh sebagian webmaster di Indonesia untuk meningkatkan kunjungan ke situs mereka. Tujuan mereka bervariasi, mulai dari yang masih belajar teknik penggunaan keywoard sampai pada yang sudah mengerti betul tentang penggunaan keywoard google agar meningkatkan traffic pada situs mereka.


Peningkatan traffic kunjungan ke suatu situs, memungkinkan situs tersebut untuk senantiasa muncul pada urutan awal pencarian di google. Dimana urutan tampilan pencarian google ini berpengaruh pada user yang melakukan pencarian untuk masuk ke situs-situs tersebut. Hal ini bisa sangat membantu user dalam melakukan pencarian apabila situs tersebut benar-benar menampilkan apa yang dicari oleh user tersebut. Bagaimana jika situs yang ditampilkan tidak menampilkan hasil pencarian yang sesuai, namun hanya menampilkan iklan dan hal lainnya yang sama sekali bukan merupakan pencarian dari user tersebut?

Berikut adalah cara untuk mengurangi situs-situs spam yang hanya berisi keywoard "palsu" dan tidak membantu pencarian sama sekali.

1. Menambah keywoard yang sering digunakan.
Ada beberapa keywoard sering digunakan, yaitu search, cari, tags dan query.
Pada saat melakukan pencarian, masukan daftar kata diatas pada bagian akhir pencarian dan tambahkan tanda minus (-) pada awal kata-kata tersebut.


2. Menambahkan daftar situs yang dianggap spam.
Sama seperti cara pertama, tambahkan nama situs yang dianggap spam pada bagian akhir keywoard.

3. Menambahkan script pada greasemonkey.
Cara ini cukup ampuh untuk memblok pencarian pada situs-situs spam. Untuk menggunakan script ini, pastikan browser yang digunakan adalah firefox dan pada browser tersebut haruslah sudah terinstall addon greasemonkey.
a. instal script google domain blocker.
b. Karena kita menggunakan google indonesia (google.co.id), maka untuk memunculkan script ini sebelumnya kita harus menambahkan google indonesia kedalam daftar alamat google yang digunakan oleh script. Berikut caranya :
- Masuk ke google indonesia klik kanan pada icon greasemonkey, di pojok kanan bawah browser firefox, kemudian klik pada pilihan manage user scripts.







- Pada jendela manage user scripts, pilih script google domain blocker pada kolom kiri dan diikuti dengan mengklik tombol add.. pada kolom kanan di kotak masukan includes pages. Selanjutnya klik tombol Ok pada jendela add page.











-Tutup jendela greasemonkey manage user scripts, kemudian ke google dan lakukan pencarian dengan keywoard yang diinginkan. Untuk memblok situs yang tidak ingin ditampilkan pada pencarian google, cukup dengan mengklik link Blacklist Domain pada akhir link dari situs yang ditampilkan. Dan diikuti dengan menyetujui pesan konfirmasi yang muncul dengan cara melakukan klik pada tulisan yes dari pesan tersebut.




Jika langkah-langkah menggunakan script greasemonkey ini sudah dilakukan dengan benar, maka semua pencarian yang menyinggung domain yang sudah diblack list tadi akan langsung diblok, sehingga tidak turut ditampilkan pada hasil pencarian google.

Ada banyak keywoard yang bisa ditambahkan untuk memblok situs-situs spam ini, begitu juga dengan nama situs yang dianggap spam tergantung bagaimana kita mengamati setiap perkembangan dari penggunaan keywoard yang digunakan oleh para webmaster yang membuat situs spam tersebut.

Demikian tentang cara memblok situs spam pada pencarian google, semoga membantu.

2 Komentar:

Najib mengatakan...

Halo salam kenal blogger.
tips yang menarik ni...
Kunjungi balik blogku ya...
By Prafi Blogger
cara membuat blog
Cara Mendapatkan Uang Lewat Blog
Jaringan Blog
Motivasi Ngeblog
Tentang Seo
Tentang Website
Tips Browsing
Tips Kepribadian
Tips Ngeblog

Robinson B mengatakan...

terima kasih sudah mampir di blog saya.

Poskan Komentar