Memahami Komponen Signal


1. PA (Power Amplifier)
IC PA adalah komponen yang pertama kali dilakukan penggantian apabila kerusakan dideteksi ada pada bagian pemancar (TX). Karena IC PA banyak terdapat dijalur pemancar (TX) dan bertanggung jawab besar pada kerusakan dijalur ini. Jika kerusakan terdapat dijalur penerima (RX), maka IC PA tidak perlu diganti. Fungsi IC PA adalah untuk memberikan power pada signal transmit ketika melakukan panggilan.
2. Antena Switch
Merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar otomatis pemindah jalur penerima maupun pemancar sehingga tidak terjadi interference (bentrokan signal RX dan TX). Juga berfungsi untuk membedakan frekuensi GSM 900/1800/1900 Mhz. Antena ini identik dengan saklar Push TO Talk pada HT atau Walkie Talkie. Kerusakan pada antena ini menyebabkan tidak adanya signal pada ponsel, baik jalur RX dan TX pada ponsel.

3. IC RF Signal Processor
Adalah komponen utama yang mengolah signal penerima (RX) yang masuk, kemudian akan dimixer dengan signal frekuensi local dari VCO, sehingga terbentuk signal menengah yang akan diumpakan ke bagian logic (CPU dan Audio) untuk kemudian menghasilkan gelombang suara yang dikeluarkan oleh speaker.
4. IC Audio (Multi Mode Adapter)
Pada jalur penerima (RX) kerusakan sering disebabkan oleh komponen ini fungsi dari IC ini adalah untuk mengubah signal frekuensi digital yang masuk menjadi signal audio analog yang diumpankan ke speaker. Juga menguba signal audio analog dari Microphone menjadi signal frekuensi digital yang akan dikirim ke IC RF. IC Audio bekerja dengan bantuan CPU sebagai processor utama ponsel. Jika IC Audio rusak, ponsel tidak dapat signal atau gangguan pada suara.
5. IC Flash
Masalah signal pada ponsel sering disebabkan data pada IC Flash yang error.
Untuk itu sebelumnya perlu dilakukan flashing (pemrograman ulang) software ponsel yang berkaitan dengan permanent memory dan flash ID ponsel. Proses Flashing bisa menggunakan box repair seperti tornado dan grifin. Kemungkinan kerusakan lain bisa terjadi pada filter-filter, amplifier, transistor, putus jalur pada pcb dan sebagainya.

sumber:Majalah Dwi Minguan Ponsel

1 Komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

ini yang saya cari dari kemarin min, makasih sudah share disini ..
https://cody.id/produk/power-supply/

Posting Komentar